Rabu, 17 Oktober 2012

peranan bahasa indonesia



Penggunaan Bahasa Indonesia di era globalisasi

Pengertian Bahasa Indonesia menurut saya adalah Suatu informasi yang disampaikan dari satu orang ke orang lain dengan menggunakan sistem bahasa yang baik dan benar. Saat ini penggunaan bahasa indonesia sudah mulai hilang, karena berkembangnya teknologi dan bahasa-bahasa yang hanya dimengerti oleh remaja-remaja sekarang.
          Dari berkembangnya teknologi di dalam kehidupan kita akan berdampak juga pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan budaya,ilmu pengetahuan,ekonomi dan teknologi. Di dalam era globalisasi itu, bangsa Indonesia harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi. Konsep-konsep dan istilah baru di dalam pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Dengan demikian, semua produk budaya akan tumbuh dan berkembang pula sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu, termasuk bahasa Indonesia, sekaligus berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan IPTEK itu.
          Berkurangnya penggunaan bahasa indonesia terlihat dari pencarian lowongan kerja dengan harus memiliki kemampuan bahasa asing dibandingkan bahasa indonesia. Dan bagi saya adanya pembelajaran bahasa indonesia diperguruan tinggi sangat bagus untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya bahasa indonesia tersebut.   
           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar